www.pesawaranonline.com

www.pesawaranonline.com

Selasa, 21 Desember 2010

Dinas Pendidikan Bangun RKB dan Rehab Berat

Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran, selain membangun perpustakan sekolah (Perpus) SD melalui dana DAK 2010, juga membuat ruang kelas baru (RKB) dan rehab berat untuk gedung SMP. Bangunan fisik melalui dana tersebut, terdiri dari 5 RKB dan 5 rehab berat.

Pembangunan 5 sekolah ruang kelas baru sebanyak 2 kelas, masing-masing SMPN 4 Gedongtataan, SMPN 3 Negerikaton, SMP Satu Atap Negerikaton, SMPN 1 Padangcermin dan SMPN 5 Padangcermin. Sedangkan yang mendapat rehab berat ada 5 sekolah, masing-masing SMPN 1 Negerikaton, SMPN 1 Waylima, SMPN 1 Kedondong dan SMPN 2 Punduhpedada.

Untuk rehab berat, setiap atap sekolah diganti dengan baja ringan, kusen-kusen, plapon dan lantai kramik. Demikian dikatakan Kabid Gedung dan Perlengkapan Dinas Pendidikan Pesawaran, Zuriadi, Rabu (22/12).

“Semua kegiatan dilaksanakan oleh pihak rekanan dengan anggaran Rp110 juta per ruangan kelas atau lokal untuk RKB dan Rp80 juta per sekolah,” ujarnya.

Dana alokasi khusus yang diperuntukkan bagi ruang kelas baru dan rehab berat gedung sekolah itu dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang ada. Dinas Pendidikan setempat, melaksanakan kegiatan tersebut mengikuti petunjuk dan melibatkan pihak ketiga.

Sebelumnya, sistem pengelolaan berbeda dengan yang ada sekarang. Kalau dulu, kegiatan seperti ini diswakelolakan. Namun kini, setiap pekerjaan pembangunan maupun renovasi gedung sekolah melibatkan pekanan.

Sejak dimekarkan dari kabupaten induknya Lampung Selatan tahun 2007, baru tahun 2010 Kabupaten Pesawaran mendapat bantuan DAK. Sampai saat ini, pihak dinas masih belum mendapatkan petunjuk tehnis pelaksanaan DAK tahun depan. (*)