www.pesawaranonline.com

www.pesawaranonline.com

Selasa, 21 Desember 2010

Sebanyak 48 SD Bangun Perpustakaan Sekolah

Sebanyak 48 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Pesawaran tahun anggaran 2010 yang berasal dari DAK bidang fisik mendapat bantuan pembangunan perpustakaan sekolah.

Perpustakaan sekolah tersebut juga dilengkapi dengan meubeler, berupa meja baca siswa, rak buku dan meja petugas. Demikian ungkap Kabid Gedung dan Perlengkapan Dinas Pendidikan Pesawaran, Zuniadi.

“Selain gedung perputakaan, sekolah-sekolah yang mendapat bantuan pembangunan Perpus itu juga dapat bantuan meubeler,” katanya.

Sekolah dasar yang memperoleh bantuan Perpus itu, masing-masing Kecamatan Gedongtataan sebanyak 5 SD, Negerikaton sebanyak 9 SD, Waylima sebanyak 9 SD, Kedondong sebanyak 7 SD, Padangcermin sebanyak 8 SD, Punduhpedada sebanyak 5 SD dan Tegineneng sebanyak 5 SD.

Diharapkannya, dengan adanya perpustakaan sekolah ini, minat baca anak akan semangkin meningkat. Sehingga bisa meningkatkan kecerdasan anak didik.

Demikian pula halnya dengan pengadaan buku-buku, kata dia, diharapkan dapat menambah ketersediaan buku yang dibutuhkan, disamping buku-buku yang sudah ada.

Beberapa sekolah, lanjut dia, memang sudah ada yang memanfaatkan lokal atau ruangan di sekolah itu untuk perpustakaan. Namun kebanyakan disamping tempatnya kurang memadai, buku-buku yang tersedia juga masih terbatas.

Kasi Perencanaan Tehnis Gedung Dinas Pendidikan Pesawaran Hermanto mengatakan, pembangunan perpustakaan sekolah dasar di Kabupaten Pesawaran itu mulai dari titik nol tanggal 16 November lalu dan dilakukan secara serentak.

“Sampai dengan saat ini, persentase pembangunan perpustakaan masih dalam proses,” ujarnya. (*)