www.pesawaranonline.com

www.pesawaranonline.com

Minggu, 04 Juli 2010

Pesawaran Miliki Potensi Andalan Khas

PESAWARAN - Kabupaten Pesawaran memiliki potensi andalan khas yang masih perlu dieksplorasi secara optimal. Selain sektor pertanian dan perkebunan, sektor yang bisa dijadikan andalan sekaligus memiliki karakteristik daerah, antara lain sektor perikanan laut, perambangan dan pariwisata.

Demikian diungkapkan Penjabat Bupati Pesawaran Untung Subroto, Senin (5/7) pada pelepasan mahasiswa KKN STAIN Jurai Siwo Metro, bertempat di Kantor Camat Gedongtataan.

Sektor perikanan laut, kata dia, Kabupaten Pesawaran memiliki potensi laut yang membentang sepanjang kecamatan Padangcermin dan Punduhpidada. Saat ini, di kedua kecamatan tersebut sedang dikembangkan usaha pertambakan udang dan karamba jaring apung untuk diekspor.

Selain pertambakan, dikembangkan juga pembudidayaan rumput laut, kerang hijau dan tambak resirkulasi. Dalam waktu dekat, akan dikembangkan pula penangkapan ikan tuna sebagai potensi ekspor. Sementara itu, kecamatan Gedongtataan diproyeksikan menjadi lumbung ikan air tawar, dimana produksi ikan air tawar di kecamatan ini mencapai 392 ton per tahun.

Di sektor pertambangan, lanjut Untung, daerah ini sangat kaya akan bahan tambang seperti: emas, marmer, batubara dan batu mangan, yang tersebar dibeberapa tempat di wilayah kabupaten. Sehingga, sektor pertambangan terbilang salah satu potensi besar untuk dijadikan sumber pendapatan.

Pemetaan dan inventarisasi terhadap wilayah-wilayah potensial ini sedang dilakukan oleh instansi terkait, untuk selanjutnya bisa dikembangkan lebih optimal, baik melalui pengelolaan investor maupun koperasi.

Khusus untuk sektor pariwisata, dengan potensi di sektor pariwisata yang cukup besar, saat ini sedang dikembangkan tempat-tempat wisata yang alami dan menarik bagi masyarakat. Namun potensi tersebut masih perlu dikelola secara optimal untuk kegiatan pariwisata.

“Pengembangan pariwisata ini, konsepnya didasarkan pada keunikan dan kondisi wilayah Pesawaran, dengan mengimplementasikan pembangunan pariwisata berkelanjutan,” ujarnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar