www.pesawaranonline.com

www.pesawaranonline.com

Minggu, 23 Januari 2011

Jalan Produksi Akan Dikerjakan

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran akan mengerjakan pengembangan jalan produksi yang bisa dilewati roda empat yang ada di kawasan pertanian, pangan, hortikurtura, peternakan dan perkebunan.

Pembangunan jalan tersebut dalam tahun 2011 ini akan dikerjakan di 6 kecamatan, diantaranya Kecamatan Kedodong, Punduhpedada, Gedongtataan, Padangcermin,
Tigeneneng dan Negrikaton. Demikian ungkap Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Pesawaran Nasrial, Senin (24/1) di ruang kerjanya.

“Pembangunan dan pengembangan jalan produksi ini, antara lain dimaksudkan untuk memperlancar arus transportasi di masing-masing kecamatan,” katanya.

Dari keenam kecamatan yang mendapatkan pembuatan jalan itu, kata dia, hanya Kecamatan Negerikaton yang mengunakan dana dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) murni Kabupaten Pesawaran, dengan nilai Rp75 juta yang merupakan dana pendamping dari dana alokasi khusus (DAK).

Sedangkan, 5 kecamatan lainnya yang mendapatkan pengembangan jalan produksi itu, anggaran yang dipakai berasal dari DAK tahun 2011 dengan nilai angaran Rp625 juta untuk pembuatan jalan yang ada di lima kecamatan di kabupaten setempat.

Pembuatan jalan ini, lanjut dia, akan dikerjakan pada bulan Juli atau Agustus tahun 2011, yang akan dikerjakan oleh rekanan dari Dinas Pertanian setempat dengan cara ditenderkan dan dari pihak dinas akan mengawasi pekerjaan tersebut.

Sebelumnya, pada tahu 2010, Dinas Pertanian dan Peternakan setempat juga sudah mendapatkan bantuan serupa di Desa Made Kecamatan Punduhpedada yang mendapat kucuran DAK tahun 2010 dengan jumlah Rp200 juta untuk pembuatan jalan tersebut.